Senin, 28 September 2009

Pemberkatan Perkawinan Antonius Suryadi & Ch. Retno Sulistyorini (23 Juni 2009)

Senin, 28 September 2009



Imam bertanya kepada mempelai Pria.
Imam: Saudara Antonius Suryadi, bersediakan saudara meresmikan perkawinan ini sungguh dengan ikhlas hati?
MP   : Ya, saya bersedia.
Imam: Bersediakan saudara mengasihi dan menghormati isteri saudara sepanjang hidup saudara?
MP   : Ya, saya bersedia.
Imam: Bersediakan saudara menjadi bapak yang baik bagi anak-anak yang dipercayakan Tuhan kepada saudara dan mendidik mereka menjadi orang kristiani yang sejati?
MP   : Ya, saya bersedia.

Imam bertanya kepada mempelai wanita.

Imam: Saudari Chatarina Retno Sulistyorini, bersediakan saudari meresmikan perkawinan ini sungguh dengan ikhlas hati?
MW : Ya, saya bersedia.
Imam: Bersediakan saudari mengasihi dan menghormati suami saudari sepanjang hidup saudara?
MP    : Ya, saya bersedia.
Imam: Bersediakan saudari menjadi ibu yang baik bagi anak-anak yang dipercayakan Tuhan kepada saudari dan mendidik mereka menjadi orang kristiani yang sejati?
MP    : Ya, saya bersedia.

JANJI PERKAWINAN
Imam berkata kepada kedua mempelai;
Imam:
Mempelai berdua, yang berbahagia, setelah mengadakan penyelidikan seperlunya dan dikuatkan oleh pernyataan kedua saksi, saya selaku pejabat gereja meluluskan permintaan saudara. Saya persilakan saudara untuk meresmikan perkawinan saudara. Saya persilakan saudara masing-masing mengucapkan janji perkawinan saudara di atas Injil suci ini.

MP:
Di hadapan Imam dan para saksi, Saya Antonius Suryadi, menyatakan dengan tulus ikhlas, bahwa Chatarina Retno Sulistyorini yang ada di hadapan saya, mulai sekarang menjadi isteri saya. Saya berjanji setia kepadanya dalam untung dan malang, suka dan duka, sehat dan sakit, saya mau mencintai dan menghormatinya seumur hidup saya. Demikian janji saya demi Allah dan Injil suci ini.

MW:
Di hadapan Imam dan para saksi, Saya Chatarina Retno Sulistyorini, menyatakan dengan tulus ikhlas, bahwa Antonius Suryadi yang ada di hadapan saya, mulai sekarang menjadi suami saya. Saya berjanji setia kepadanya dalam untung dan malang, suka dan duka, sehat dan sakit, saya mau mencintai dan menghormatinya seumur hidup saya. Demikian janji saya demi Allah dan Injil suci ini.

Imam:
Atas nama Gereja Allah dan di hadapan para saksi dan hadirin sekalian, saya menegaskan bahwa perkawinan yang telah diresmikan ini adalah perkawinan Kristen yang sah. Semoga sakramen ini menjadi bagi saudara berdua sumber kekuatan dan kebahagiaan.
Yang dipersatukan Allah
Janganlah diceraikan manusia.

Doa Berkat Untuk Mempelai
Imam:
Saudara-saudara yang terkasih, marilah kita berdoa dengan rendah hati, supaya Tuhan rela mencurahkan berkat dan rahmat-Nya atas kedua mempelai ini yang telah menikah dalam Kristus. Mereka sudah dipersatukan dalam perjanjian suci, semoga mereka bersatu padu dalam cinta kasih.

Pemberkatan Cincin
Imam:
Ya Allah, sumber kesetian, berkatilah (+) cincin ini yang merupakan tanda kesetiaan dan cinta kasih hamba-hambaMu ini. Semoga cincin ini mengingatkan mereka akan cinta kasih dan kesetiaan yang mereka janjikan pada hari bahagia ini, demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.

Mempelai pria mengenakan cincin pada jari manis kanan mempelai wanita sambil berkata;
Kenakanlah cincin ini sebagai lambang kesetiaan dan cinta kasihku.

Mempelai wanita mengenakan cincin pada jari manis kanan mempelai pria sambil berkata;
Kenakanlah cincin ini sebagai lambang kesetiaan dan cinta kasihku.


DOA UMAT
Imam: Saudara-saudari terkasih, kedua mempelai ini telah mengikat janji setia sebagai suami-isteri Kristen di hadapan Allah dan saudara sekalian. Maka marilah kita mendoakan mereka agar tetap bahagia dalam lindungan Tuhan.

Ya Bapa, anugerahkanlah mereka dengan cinta dan kesetiaanMu sendiri, supaya mereka dapat saling menerima apa adanya, saling menghormati dan saling melengkapi satu sama lain sebagai suami-isteri. Semoga rahmat dan kebaikan Kristus bersinar dari rumah tinggal mereka.

Semoga mereka mendasarkan keluarga mereka atas keyakinan iman mereka akan Kristus, sehingga teladan hidup mereka mendekatkan orang lain kepadaMu Allah yang maha kasih, marilah kita mohon...


Semoga cinta kasih mereka diberkati Tuhan dengan kurnia yang berlimpah, sehingga anak-anak yang dianugerahkan kepada mereka sungguh-sungguh menggembirakan hati orang tuanya, marilah kita moho...

Semoga orang tua mereka merasa terhibur karena menyaksikan kebahagiaanya, sehingga pengantin baru ini sungguh diterima dalam lingkungan kaum kerabatnya, marilah kita mohon...

Ya Tuhan kami, peliharalah saudara-saudari kami ini dalam cintamu. Kami mohon, teguhkanlah dan bantulah mereka sepanjang hidup, dan bimbinglah mereka dalam usaha menciptakan keluarga bahagia. Demi Kristu, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. Amin.


Related Posts



1 komentar:

Rina mengatakan...

Wah didokumentasikan ya, biar gak lupa ama janji-janji kita nich ye...
Makasih ya yah....I Love You So much Emuah8x....

Posting Komentar

 
Copyright © Suryadi's Blog | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog